Kegiatan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY dilaksanakan dengan berbais kompetensi dan waktu penyelenggarannya diatur dengan sistem semester. Dalam sistem ini kompetensi-kompetensi di bagi menjadi 3; yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

Kompetensi Utama

Kompetensi utama adalah kompetensi yang akan dimiliki oleh lulusan Pendidikan Bahasa Inggris UMY. Untuk menjadi kompeten sesuai dengan profil lulusan. Kompetensi utama ini dibagi menjadi 5

Kompetensi Utama I

Kemampuan berbahasa inggris sesuai dengan kaidah2 bahasa.

Kompetensi utama I memfokuskan pada ketrampilan berbahasa Inggris setiap lulusannya. Jadi setiap mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris akan mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam bahasa Inggris dalam berbagai situasi baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam setting formal dan akademik setting.

Kompetensi Utama II

Kemampuan melaksanakan pendidikan dan pengajaran

Dengan diberikan kompetensi ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY akan trampil dalam mengajar terutama dalam mengajar bahasa Inggris baik kepada young learners maupun kepada adult learners.

Kompetensi Utama III

Kemampuan menguasai teknologi pembelajaran

Dengan mendapatkan kompetensi ini, mahasiswa akan mampu menggunakan cara dan metode untuk menyelenggarakan pengajaran mulai dari menyusun kurikulum, menyusun materi serta teknologi informasi untuk kemampuan pengajaran bahasa Inggris.

Kompetensi Utama IV

Kemampuan merancang & melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara professional

Mahasiswa akan mampu untuk memahami konsep penelitian dan melaksanakan penelitian dalam kaidah-kaidah penelitian yang benar.

Kompetensi Utama V

Kemampuan berinovasi dalam menerapkan IPTEKS di bidang bahasa dan pembelajaran bahasa

Mahasiswa akan mampu menggunakan information teknologi untuk pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu mahasiswa akan kompeten dalam mendesign dan mengembankan pendidikan berbasis teknologi digital.

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung digunakan untuk mendukung kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY. Di program studi ini, kompetensi pendukung dibagi menjadi 3;

Kompetensi Pendukung I

Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis & merumuskan masalah secara tepat mengenai bahasa dan pengajaran bahasa.

Dengan kompetensi ini, mahasiswa akan mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan masalah secara tepat mengenai bahasa dan pengajaran bahasa yang terjadi baik di dalam kelas maupun di masyarakat.

Kompetensi Pendukung II

Kemampuan sebagai fasilitator, motivator dan mediator secara sistematik dan efektif

Dengan kompetensi ini, mahasiswa akan mampu menjadi fasilitator, motivator dan mediator dengan menggunakan skill-skill yang diberikan dalam kompetensi ini dengan hubungannya dalam belajar mengajar bahasa Inggris.

Kompetensi Pendukung III

Kemampuan merekomendasi penyelesaian masalah secara tepat dalam bidang bahasa dan pendidikan bahasa.

Mahasiswa akan mampu memberikan alternative penyelesaian masalah yang berkaitan dengan bahasa dan pendidikan bahasa secara baik.

 Kompetensi Lainnya

Kompetensi lainnya adalah kompetensi yang menjadikan mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY mempunyai added-value sehingga mereka akan lebih merasakan kemanfaatan ilmunya ketika mereka sudah terjun ke masyarakat.

Kompetensi Lainnya I

Enterpreneurship

Kompetensi ini akan mendorong mahasiswa untuk mampu membuka lapangan kerja baik untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Kompetensi Lainnya II

Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai keislaman

Mahasiswa akan mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan bermasyarakat.  Selain itu, mahasiswa akan mampu memahami hubungan antara pendidikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Kompetensi Lainnya III

Kemampuan memahami dan mempraktekkan International Testing Systems

Mahasiswa akan mampu mengerjakan soal-soal tes kemampuan bahasa Inggris international dan mendapatkan skor-skor sesuai dengan yang ditentukan standard international.