Program Pendidikan dan Kurikulum PBI UMY:

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Seluruh mata kuliah yang akan ditempuh mahasiswa ditetapkan berdasar kompetensi yang dibutuhkan lulusan untuk bekerja terutama sebagai pendidik/guru, praktisi bahasa, peneliti bidang pendidikan dan bahasa, pengusaha bidang pendidikan dan bahasa, dan pegawai yang berbasis bahasa dan pendidikan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY menetapkan 5 kompetensi utama, 3 kompetensi pengukung, dan 3 kompetensi lainnya guna menciptakan “graduate quality”. Sebaran mata kuliah dalam tiap semester ditentukan berdasar kompetensi yang dibutuhkan. Dalam dua semester pertama, mahasiswa harus sudah menguasai seluk-beluk tentang bahasa yang akan diajarkan. Setelah mahasiswa menguasai apa yang akan diajarkan, mereka kemudian harus mempelajari bagaimana cara mengajarkannya dan melakukan praktek mengajar melalui berbagai simulasi mengajar. Mahasiswa juga harus menguasai prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran untuk dapat mengembangkan ilmu kependidikan bahasa. Mahasiswa juga harus dapat melaksanakan riset dalam bidang bahasa dan pengajaran bahasa.

Kekhususan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY terletak pada perpaduan kemampuan melaksanakan pembelajaran bahasa menggunakan teknologi informasi. Mengingat tantangan pada masa mendatang, Indonesia memerlukan banyak guru bahasa yang dapat memadukan teknologi pembelajaran dengan teknologi informasi dan komputer. Di masa yang akan datang, pembelajaran berbasis komputer dan internet dalam bentuk e-learning akan menjadi trend yang berkembang. Virtual learning akan segera menjadi keniscayaan. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Bahaa Inggris harus menyiapkan lulusannya dengan kemampuan yang sesuai untuk menjemput tantangan dunia. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY setidak-tidaknya harus memiliki kemampuan untuk:

  1. Memahami dan menguasai Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan (What to teach)
  2. Memahami dan menguasai teknologi pembelajaran dan memiliki ketrampilan untuk mengajarkannya (How to teach)
  3. Memahami dan menguasai teknologi penelitian bahasa dan pendidikan bahasa untuk mengembangkan teknologi pembelajaran bahasa (How to develop the knowledge and skills)
  4. Memahami dan menguasai teknologi komputer dan internet dalam pembelajaran bahasa guna menjawab tantangan jaman (How to face the development of knowledge and technology)
  5. Memahami dan menguasai prinsip-prinsip Islam untuk dapat mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan agama dalam kehidupan sehari-hari agar tercapai keseimbangan tujuan pendidikan dunia akhirat.