Rahasia 1 Essay Writing IELTS

Oleh: Endro Dwi Hatmanto, MA

Menganalisa Pertanyaan

 

MEMAHAMI PERTANYAAN

Langkah pertama dalam menulis esai dalam IELTS adalah menganalisa pertanyaan dalam soal. Pertanyaan dalam soal esai IELTS mengandung dua hal; 1) memberitahukan kepada Anda tentang topik yang harus dibahas, 2) apa yang harus Anda katakan berkenaan dengan topik yang diberikan.

Topik dari esai dalam soal IELTS setidaknya mengandung tiga komponen:

  1. Instruksi: memerintahkan apa yang harus Anda kerjakan
  2. Kata-kata kunci yang membantu Anda memahami topik
  3. Kata-kata yang membatasi topik yang diberikan sehingga Anda dapat memberikan tekanan pada topik tersebut.

Marilah kita bahas satu-persatu

Instruksi dan Strategi Menjawab Pertanyaan

Simaklah dua contoh pertanyaan dari soal esai dalam IELTS berikut:

a)   Describe the role of the television in modern society.

b)   Even though globalization affects the world’s economies in a very positive way, its negative side should not be forgotten. Discuss.

Pertanyaannya, apakah instruksi dari kedua soal di atas?

Pada kalimat pertama (a), instruksinya adalah ‘describe’. Pada kalimat kedua (b), instruksinya adalah ‘discuss’.

Jelas instruksi dalam kata ‘describe’ dan discuss adalah dua hal yang berbeda. Jika instruksinya ‘describe’, Anda hanya dituntut untuk menyajikan fakta, bukan pendapat Anda.

Akan tetapi, jika instruksinya ‘discuss’, pendapat Anda tentang topik ditanyakan. Andapun diharuskan untuk mengevaluasi sebuah masalah.Anda juga diharapkan untuk memberikan persetujuan atau ketidaksetujuan tentang sebuah hal.

Di dalam lingkungan akademis perguruan tinggi, Anda tidak hanya diharapkan untuk dapat menyajikan fakta.Lebih dari itu, Anda diwajibkan untuk dapat mendiskusikan masalah dan gagasan dengan benar.Atas dasar ini, soal esai dalam IELTS menantang pendapat dan kemampuan Anda dalam menganalisa masalah-masalah keseharian kita.Tidak jarang, banyak orang yang berbeda dalam mengemukakan pendapat terhadap masalah-masalah tersebut.

Sekarang, marilah kita lihat sebuah contoh soal esai dalam IELTS:

Present a written argument or case to an educated reader with no specialist knowledge of the following topic:Financial education should be mandatory component of the school program. To what extent do you agree or disagree with this statement? You should use your ideas, knowledge and experience to support your arguments with examples and relevant evidence.

Mari kita bahas instruksi dari soal di atas satu persatu. Sudah jelas, instruksi dari soal di atas mengandung tiga hal:

  • Pertama, Anda harus menggunakan bahasa formal (‘…to an educated readers’)
  • Kedua, Anda tidak diuji pengetahuan Anda tentang subyek atau bidang studi (‘with no specialist knowledge).
  • Ketiga, Anda harus menggunakan gagasan, pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri untuk mengembangkan argumen.

 

Sekarang, marilah kita simak soal di atas (yang dicetak miring). Jika Anda amati, soal di atas mengandung setidaknya dua hal:

  • Pertama adalah gambaran tentang topik yang biasanya diinformasikan melalui sebuah pendapat tentang sebuah hal pada situasi saat ini. Seperti contoh soal di atas; “Financial education should be mandatory component of the school program”.
  • Kedua adalah pertanyaan yang menanyakan pendapat Anda. “To what extent do you agree or disagree with this statement?”

Kira-kira apakah jawaban Anda dari pertanyaan di atas? Apakah Anda:

a)    Menyajikan dua sisi argumen Anda?

b)   Apakah Anda memberi dukungan penuh atau menolak gagasan secara penuh?

c)    Apakah Anda setuju sebagian terhadap pandangan dalam pertanyaan ataukan tidak setuju sebagian?

Jawaban yang benar adalah b dan c.

Frase ‘to what extent’ sama artinya dengan ‘how much’ atau ‘seberapa jauh’. Jadi kalau Anda ditanya ‘to what extent do you agree or disagree’, ini berarti Anda ditanya ‘seberapa jauh Anda setuju atau tidak setuju’ terhadap masalah yang dipertanyakan’.

Jika Anda dihadapkan pada pertanyaan seperti itu, Anda memiliki tiga alternatif jawaban:

  • I agree completely (saya setuju sepenuhnya)
  • I agree partly and disagree partly (saya setuju sebagian dan tidak setuju sebagian)
  • I disagree completely (saya tidak setuju sepenuhnya)

Banyak peserta tes IELTS yang berpendapat bahwa mereka harus setuju sepenuhnya atau tidak setuju sepenuhnya terhadap pertanyaan diatas.Ini tidak benar.Bahkan, jika kata ‘to what extent’ tidak muncul dalam soal, anda dapat setuju ataupun tidak setuju sebagian terhadap pertanyaan yang diberikan.

Banyak juga peserta tes IELTS yang hanya mengemukakan argumentasi yang mendukung jika mereka setuju terhadap pertanyaan yang diajukan.Sebaliknya, banyak pula yang hanya mengemukakan argumentasi yang menolak ketika mereka tidak setuju dengan pertanyaan yang diajukan.

Benarkah strategi seperti ini?Benar, tetapi ketika Anda kehabisan ide, Anda riskan untuk kehabisan kata-kata untuk ditulis.

Lalu bagaimana sebaiknya?Ketika Anda menyetujui pertanyaan yang diajukan, sebenarnya Anda juga dapat mengemukakan pendapat yang tidak menyetujui gagasan dalam pertanyaan yang diajukan. Pokok bahasan ini akan dibahas dalam sub bahasan ‘menyajikan pendapat yang berbeda’.

Konsep dan Kata-Kata Kunci

Topik-topik yang diujikan dalam soal esai IELTS biasanya adalah topik-topik keseharian dan menarik untuk dibicarakan seperti televisi dan internet.Ini karena soal IELTS tidak menguji kemampuan Anda dalam bidang studi tertentu, namun hanya menguji kemampuan Anda dalam menulis secara baik.Oleh karena itu, sekali lagi, topiknya adalah hal-hal yang sudah Anda ketahui dengan baik. Contoh topik-topik yang diujikan antara lain:

  • Sport
  • The media
  • Ethical issues (seperti perlakuan terhadap binatang, cloning, ataupun penegakan hukum)
  • Education
  • Foreign language
  • The environment
  • Travel
  • The media
  • Culture and society (music, art, literature)
  • Lifestyles (traffic problems, quality of life, life in cities)
  • Advertising and consumer issues
  • Health

 

Untuk meraih nilai yang tinggi dalam IELTS, Anda perlu mengenal dan mengerti isu-isu terbaru dan perdebatan diseputar topik-topik di atas.Saran saya, bacalah banyak buku dan majalah. Saya juga menyarankan Anda untuk membuka website yang berisi debat dalam berbagai isu. Yakinlah, pengetahuan Anda tentang isu-isu tersebut akan melejitkan skor esai Anda dalam tes IELTS.

MENGANALISA PERTANYAAN

Memahami pertanyaan tidaklah sekedar mengerti instruksi pada pertanyaan. Lebih dari itu, memahami pertanyaan berarti mengenali apa yang difokuskan pada pertanyaan yang diberikan. Anda juga harus mengerti pendekatan apa yang harus Anda gunakan untuk mengembangkan topik.

Buku tes IELTS memberikan petunjuk kepada Anda, bahwa:

Candidates are assessed on their ability to:

  • Present the solution to a problem
  • Present and justify an opinion
  • Compare and contrast evidence, opinions and implication
  • Evaluate and challenge ideas, evidence or an argument.

Dengan demikian, Anda perlu memberikan strategi yang berbeda terhadap pertanyaan yang berbeda. Slater et al (2003) memberikan strategi jitu untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang berbeda dalam tes IELTS.

Tipe Esai

Jenis Pertanyaan Yang Harus Anda Lakukan
Problem/solution (masalah dan pemecahan) What can be done to solve…?How can this problem be addressed?What challenges…?What strategies…?
  • Jelaskan 2 atau 3 aspek dalam topik yang ditanyakan (masing-masing aspek satu paragraf).
  • Berikan rekomendasi
Agree or disagree (setuju dan tidak setuju) Do you agree or disagree? Why? Explain your position.Justify your opinion.
  • Ambil posisi Anda (setuju atau tidak setuju)
  • Dukung posisi Anda dengan alasan-alasan
  • Adalah penting bagi Anda untuk menyajikan pendapat yang bertentangan dengan Anda dan katakan mengapa Anda tidak setuju dengan gagasan itu.
Two sides of an argument (dua sisi dari satu argumen) Discuss Compare/contrastAdvantages/disatvantages
  • Ulaslah secara seimbang/ dua sisi dari topik yang dibicarakan.
  • Tentukan posisi Anda dalam kesimpulan.
Make choices and justify (membuat pilihan disertai alasan) From option A, B, C, D, E choose 3 most important. Justify your choice.

Menemukan Fokus

Adalah penting bagi Anda untuk melihat secara jeli soal yang dipertanyakan dalam soal esai pada IELTS. Banyak peserta tes yang ceroboh dengan tidak memahami secara hati-hati apa yang dimaui oleh soal. Akibatnya argumen yang mereka kemukakan dalam tulisan tidak berhubungan dengan pertanyaan. Hali ini tidak akan terjadi jika Anda menemukan fokus pada pertanyaan.

Nah, sekarang cobalah untuk mengamati apa fokus soal di bawah ini:

a)   Many people believe that computer is the most revolutionary new invention of the 20th century. Do you agree?

b)   The computer has revolutionized the modern world, but many people argue that it has also led to new problems and inequalities. What is your opinion?

c)    The computer could revolutionize the world in the future, if everyone could afford to have access of it. Do you agree or disagree with this proposition?

 Dari tiga pertanyaan di atas, jelas bahwa topiknya adalah komputer dan peran revolusionernya di dunia.Untuk itu, Anda harus memiliki gagasan mengenai dunia komputer. Andapun harus memahami apa yang dimaksud dengan kata ‘revolutionized’.

Akan tetapi, tiga pertanyaan di atas memiliki fokus yang berbeda. Lihatlah bagian belakang dari ketiga kalimat tersebut:

a)   is the most revolutionary new invention of the 20th century.

b)   has revolutionized the modern world, but it has also created new problems and equalities.

c)    could revolutionize the world in the future, if everyone could afford to have access of it.

 Dari bagian belakang ketiga kalimat di atas, Anda akan memahami bahwa:

  • Poin a) menghendaki Anda untuk membandingkan komputer dengan penemuan lain. Hal ini akan mengarahkan Anda apakah Anda setuju atau tidak setuju dengan pernyataan bahwa komputer adalah penemuan yang paling revolusioner di abad 20.
  • Poin b) menghendaki Anda untuk setuju bahwa komputer telah membuat revolusi dunia modern. Yang harus Anda kembangkan dalam tulisan adalah problem dan ketidakmerataan yang ditimbulkan oleh komputer.
  • Poin c) menghendaki Anda untuk memprediksi masa depan dan seberapa jauh Anda percaya bahwa komputer dapat mengubah dunia.

Memahami Konteks

Anda masih ingat salah satu informasi yang diberikan dalam buku IELTS:

The topics are of general interest and it makes no differences what subjects candidates study. The issues raised are interesting, suitable for and easily understood by candidates entering postgraduate or undergraduate studies.

Dari informasi di atas, pertanyaan dalam soal esai IELTS pasti berdasarkan pada masalah.Anda diharapkan untuk mengemukakan pendapat Anda pada masalah tersebut.Masalah yang dipilih biasanya adalah masalah yang menarik dan diperdebatkan. Tidak mungkin sebuah soal berbunyi; “Some people say that corruption is wrong. To what extent do you agree with this opinion?”  Namun soal akan berbunyi: “Some people think that corruptors should be executed. To what extent do you agree with this opinion?”

Menghadapi soal seperti ini, Anda harus melakukan ‘planning’. Tanyakan kepada diri Anda sendiri mengapa pertanyaan ini menjadi problem, perdebatan seperti apa yang berkembang terhadap isu yang ditanyakan, dan pihak mana saja yang harus didiskusikan berkenaan dengan isu tersebut.

Selain itu, Anda harus dapat menginterprestasikan makna yang tersirat dari sebuah pertanyaan. Kadang-kadang kalimat yang berbeda dapat menyiratkan maksud yang sama.

Latihan 1

Dalam soal-soal model esai IELTS di bawah ini, interprestasikan makna yang tersirat dan tandailah kalimat-kalimat yang mengandung maksud yang sama.

  1.   People throughout the world are ignoring the dangers of environmental pollution and of global warming in the hope that science and technology can find solutions. This is not true. We all need to take responsibility for the damage we are causing, and must change our life-styles.
  2. Tertiary education is of greater benefits to the individual receiving it than to the society as a whole. It is therefore not desirable for governments to spend the taxpayers’ money on supporting students just so that they can earn more money in future.
  3. Modern science and technology can solve environmental problems, such as pollution and global warming, if we apply enough resources to research.
  4.  Parents have a greater influence on their children’s future success than schools do. Governments should therefore provide ‘parent training courses’ rather than ‘teacher training courses’.
  5. Education is the most important source of children’s development. No matter what their background, if children have good schools and teachers they can progress. Governments should therefore put their major resources into school education.
  6.   Free tertiary education is essential for every country since tertiary graduates are the only qualified and educated people that can help countries to progress in the modern world.

Jawaban:

  • Nomor 1 dan 3 menanyakan hal sama namun dari sudut pandang yang berlawanan. Nomor 1 menanyakan tanggung jawab kita untuk menjaga lingkungan. Nomor 3 menanyakan apa yang dapat dilakukan teknologi untuk menjaga lingkungan.
  • Nomor 4 dan 5 membandingkan peran rumah dan sekolah dalam pendidikan.
  • Nomor 2 dan 6 menanyakan hal yang sama tetapi dengan tekanan yang berbeda. Nomor 2 lebih menekankan tanggung jawab pemerintah dalam membiaya pendidikan bagi para mahasiswa. Nomor 6 lebih menekankan kondisi bahwa orang-orang terdidik sangatlah berguna bagi kemajuan bangsa.

 Latihan 2

Pilihlah 4 pertanyaan dari Appendix bank soal dan pikirkan konteks dari pertanyaan tersebut: pihak-pihak mana saja yang berhubungan dengan topik tersebut, dan alasan apa yang menyebabkan topik tersebut menjadi kontroversial.

Mendefinisikan Istilah-Istilah

Mendefinisikan istilah dalam mengerjakan soal esai IELTS acapkali diperlukan.Ini karena banyak soal yang mengandung kata-kata yang multi-tafsir. Coba kita lihat kembali contoh kalimat yang telah saya berikan sebelumnya:

a)   Many people believe that the computer is the most revolutionary new invention of the 20th century. To what extent do you agree?

b)   The computer has revolutionized the modern world, but it has also created new problems and inequalities. Do you agree?

Para pembaca yang terpelajar pada umumnya dapat memahami kata-kata ‘computer’, ‘new invention’ dan ‘modern world’. Namun demikian istilah ‘revolutionary’ dan ‘revolutionise’ dapat dimaknai secara berbeda oleh orang yang berbeda. Untuk itu Anda harus menjelaskannya, terutama dalam pertanyaan a). Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa Anda harus menjelaskan istilah tersebut secara langsung dengan mengatakan, “Revolutionary means….”.Yang dibutuhkan seringkali adalah definisi tidak langsung.Contoh, Anda mengarahkan istilah ‘revolutionary’ pada makna ‘perubahan’.Lebih lanjut Anda dapat menjelaskan pentingnya perubahan yang dihasilkan oleh komputer dan tingkat perubahannya jika dibandingkan dengan penemuan-penemuan lainnya.

Untuk pertanyaan b) Anda tidak perlu bersibuk ria dengan mendefiniskan istilah ‘has revolutionized’ karena fokus yang harus Anda tekankan adalah pada ‘problems and inequalities’.

Mirip dengan penjelasan di atas, Gabi Duigu dalam bukunya Essay Writing for English Test (2002) membandingkan dua soal esai dalam buku IELTS sebagai berikut:

Soal 1: We live in a technological age. However, technology cannot solve all the world’s problems. Therefore some people argue that we need to place less emphasis on technological solutions and more on other values.

 Soal 2: It is inevitable that as technology develops traditional cultures must be lost. Technology and tradition are incompatible-you cannot have both together.

 Apakah dua soal di atas menanyakan hal yang sama? Keduanya berbicara masalah teknologi dan membandingkan teknologi dengan sebuah hal yang lain. Fokus pada soal pertama adalah membandingkan teknologi dengan ‘other values’.Titik berat pada soal kedua adalah membandingkan teknologi dengan’traditional culture’.

Nah, tulisan Anda akan tergantung bagaimana Anda menjelaskan istilah ‘other values’ dan ‘traditional culture’. Kedua istilah ini dapat dimaknai secara berbeda. Jika menurut Anda ‘traditional culture’ itu berkenaan dengan hasil budaya fisik seperti candidan tari-tarian maka Andapun akan menjelaskan dengan sudut pandang yang seperti ini. Jika Anda Anda menggagas bahwa ‘traditional culture’ adalah pandangan hidup dan kepercayaan maka Anda akan memperlakukan dua soal di atas dengan cara yang sama (Ibid, 2002).

Luas sempitnya pemberian definisi akan tergantung Anda. Yang jelas, Anda harus membuatnya jelas sehingga pembaca akan mudah dalam memahaminya.

Yang perlu diingat juga, Anda tidak perlu membuat definisi yang formal, karena hal ini akan sangat sulit dilakukan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menulis begini: “Traditional culture can be defined as……..”. Namun Anda dapat menuliskan tentang konsep ‘traditional culture’ dan memberi contoh menurut pemahaman Anda, seperti ini: “By traditional culture it means not only the physical materials that human create, such as temples and dances, but also their believe system and way of life”.

Bagaimana dengan istilah ‘technology’ dalam soal di atas?Apakah kata ini juga harus Anda definisikan?Tidak.Ini karena teknologi sudah menjadi kata yang dipahami oleh orang pada umumnya.Yang Anda perlukan hanyalah memberi contoh-contoh.