Menanyakan Alasan Ketidakhadiran seseorang

Menanyakan alasan ketidakhadiran seorang siswa dapat menjadi alat Anda untuk mendorong percakapan dengan para siswa. Lihat contoh-contoh ekspresi di bawah ini:

  • Bambang is away. Does anyone know why? = Bambang kok tidak ada. Apakah ada yang tahu kenapa dia tidak masuk?
  • Rini is not here. Does she miss the bus? What do you think? = Rini kok tidak ada ya. Apakah dia ketinggalan bis? Bagaimana menurutmu?
  • Does anyone know where Anto is? = Apakah seseorang tahu dimana Anto?
  • Has anyone seen Darsi today? = Apakah seseorang melihat Darsi hari ini?
  • What’s the matter/wrong with Tuti? = Apakah apa dengan Tuti? (kok tidak masuk).
  • Is Mariska absent or just late? = Apakah Mariska absen atau hanya terlambat?
  • When will Joko be back? = Kapan Joko masuk kembali?

Selanjutnya, doronglah siswa-siswa Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dengan ungkapan-ungkapan di atas. Janganlah Anda kritik langsung jika mereka membuat kesalahan-kesalahan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris. Setelah itu Anda dapat mengajarkan kepada siswa-siswa Anda bagaimana memberi respon dengan benar. Ajarkan ekspresi-ekspresi berikut kepada siswa-siswa Anda:

  • She’ll be here in a moment = Dia akan ke sini sebentar lagi.
  • She won’t be long = Tidak tidak akan lama (untuk hadir di kelas).
  • She’s (just) coming = Dia baru ke sini.
  • He is on the way = Dia dalam perjalanan.
  • He missed the bus = Dia ketinggalan bis.
  • I haven’t seen him today = Saya belum bertemu dengannya hari ini.
  • She asked me to tell you she can’t come today = Dia bilang pada saya untuk memberitahukan kepada Bapak/Ibu bahwa dia tidak dapat datang hari ini.
  • She can’t make it today = Dia tidak hadir hari ini.
  • She’s away on a family matter = Dia tidak masuk karena masalah keluarga.

Jangan lupa, doronglah siswa-siswa Anda untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang sopan dengan menggunakan ‘I’m sorry’ maupun ‘I’m afraid’. Contoh:

  • I’m sorry, I don’t know = Maaf, saya tidak tahu.
  • I’m afraid, I’ve no idea= Saya khawatir saya tidak tahu.

Mengetahui bahwa salah satu siswa Anda tidak masuk, berikan empati. Empati akan membangun hubungan yang lebih baik antara Anda dengan siswa-siswa Anda. Gunakan ungkapan-ungkapan di bawah ini:

  • Oh dear, I’m sorry to hear that = Oh, saya sedih mendengarnya.
  • Oh dear, I hope he gets better soon = Oh, semoga dia akan lekas membaik (kesehatannya).
  • Oh dear, I hope it’s nothing serious = Oh, semoga tidaklah serius (penyakitnya).
  • When will he be back? = Kapan dia akan masuk lagi?