FOKUS

Pernahkah Anda melihat orang menembak (atau yang dari desa mungkin pernah melihat orang ‘mlintheng’). Untuk menembak sasaran dengan tepat, si penembak atau si ‘pemlintheng’ tentu harus memfokuskan sasaran. Dan akhirnya, doooor ! Peluru mengenai sasaran dengan tepat.

Prinsip yang sama dapat Anda terapkan dalam kehidupan. Jika Anda menetapkan sasaran dan target dalam hidup Anda, Anda akan dapat meraihnya jika Anda FOKUS ! Fokus artinya mengerahkan segala perhatian hanya pada sasaran yang Anda ingin tuju. Seperti penembak, Anda hanya melihat titik paling tengah  yang akan Anda tembak.

Inilah kunci kebanyakan orang-orang sukses. Agnes monica focus pada “dunia tarik suara” yang ia geluti. Ia pun sukses. Coba bayangkan, jika Agnes tergoda untuk mencoba “dunia tarik tambang”, kemungkinan besar ia akan gagal. Anda tahu kan bahwa Samsung adalah perusahan sukses. Samsung fokus dalam pembuatan alat-alat elektronika. Coba pikiran, jika Samsung tidak fokus dan tergoda untuk membangun pabrik rokok, pasti nama rokoknya menjadi ‘Djie Samsung’, dan kemungkinan akan gagal. Jokowi menjadi sukses karena ia focus untuk menjadi orang yang dekat dengan rakyat. Sang Jokowi “mendaftarkan diri menjadi gubernur DKI”. Dia pun akhirnya sukses menjadi gubernur DKI. Jokowi pasti akan gagal jika tergoda untuk “mendaftarkan diri menjadi personil Cherrybelle”.

Seperti yang dialami orang-orang sukses ini, fokus memunculkan energy yang dahsyat untuk meraih target  yang telah ditetapkan. Fokus menjadikan Anda mampu untuk menepis godaan-godaan penghambat ketercapaian target Anda.

Sebagai mahasiswa, Anda tentu ingin agar target Anda tercapai: IP  bagus, prestasi belajar maksimal, kemampuan speaking yang OK, kemampuan writing yang cemerlang, kemampuan public speaking yang mumpuni, kemampuan IT yang hebat !  Apapun target Anda, bidiklah dan berikan fokus yang terbaik. Setelah itu, kerahkan energy yang untuk meraih target itu. Berkorbanlah untuk menahan godaan-godaan yang akan menghambat Anda dalam meraih target yang telah Anda tetapkan ! Cheers !