BE CREATIVE !

Kalau kita renungkan, pesan-pesan Allah dimaksudkan untuk memberikan solusi dan ‘problem solving’ atas masalah yang kita hadapi. Kitab suci adalah SOP (standar operating procedure) yang begitu jelas menyelesaikan problem-problem kita sehari-sehari. Contohnya adalah pesan bahwa kita harus menjadi individu yang KREATIF!

Jika harapan telah mulai mati dan asa mulai kehilangan energi, seolah jalan keluar tak ada lagi, Allah seolah berkata kepada Anda dan saya: “BE CREATIVE! TELADANILAH NABI YAKUB!”

Ya, nabi Yakub pernah kehilangan putranya terkasih, Nabi Yusuf. Setelah itu, negerinya diterpa prahara kelaparan yang amat panjang.

Frustasikan Nabi Yakub? Tidak! Justru beliau berpikir solutif nan kreatif terhadap masalah yang menimpanya. Beliau berkata kepada anak-anaknya:

“Wahai anak-anakku, pergilah kalian! Carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan JANGANLAH KALIAN BERPUTUS ASA dari rahmat Allah!… ( QS. Yusuf: 87).

Lihatlah, Nabi Yakub tak tersungkur dalam nestapa ketika putranya hilang. Beliau beraksi secara proaktif untuk mengatasi masalah. “JALAN KELUAR PASTI ADA”. Inilah spirit yang dimiliki nabi Yakub.

“Tapi, masalah saya begitu besar sehingga tidak ada cara lagi untuk mengatasinya” Mungkin kalimat ini yang sering kita ungkapan.

Nabi Yakub punya solusinya:

“Nabi Yakub berkata pada anak-anaknya yang hendak mencari Nabi Yusuf, ‘Jangan mencari dari satu pintu saja, CARILAH DARI PINTU YANG BERLAINAN ( QS. Yusuf, 67 ) ‘.

Nah, Nabi Yakub seakan berkata kepada Anda dan saya: “If you’re not satisfied with the results you’re getting, then you have to LET GO OF WHAT DOESN’T WORK AND FIND WHAT DOES. You have to THINK IN NEW WAYS”.

Seperti Nabi Yakub, JANGAN PUTUS ASA ketika masalah menghadang! “Jangan hanya coba satu pintu, cobalah juga pintu-pintu yang lain!”

“Find new ways!”

“Experiment, find what works, and implement those methods!”

“Be creative!”