5 HABITS OF A HIGHLY EFFECTIVE MUSLIM

Menjadi insan bertaqwa adalah jalan teragung seorang muslim. Namun tak ada jalan pintas menuju taqwa. Takwa bukanlah ‘state of being’. Taqwa adalah ‘state of becoming’. Pencapaian taqwa membutuhkan pembiasaan berperilaku. Allah telah mengajarkan 5 kebiasaan yang harus dilakukan setiap insan beriman untuk menuju taqwa (QS. Ali Imran133-135):

  1. GEMAR BERINFAK baik dalam waktu sempit maupun lapang. Infak adalah wujud ‘the power of giving’. Terbukti, individu yang sukses adalah individu yang paling banyak memberi. Bangsa dan masyarakat yang sukses biasanya adalah bangsa dan masyarakat yang suka memberi. Bangsapun runtuh bila individunya tak mau berbagi, terus meminta, bahkan merampok, mencuri dan korupsi. Memberi adalah energi kehidupan. Berbagi adalah spirit yang menumbuhkan.
  2. MAMPU MENAHAN MARAH. Seorang mukmin sejati adalah manusia yang sabar. Seorang mukmin yang teristimewa adalah insan yang tidak reaktif. Ia berpikir sebelum bertindak. Ia memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Ia menghiasi akhlaknya dengan kelembutan terhadap manusia lain.
  3. MEMAAFKAN orang lain. Seorang mukmin dengan kualitas taqwa mampu menumbuhkan ‘the power of forgiving’. Ia sadar “forgiveness won’t change the past, but it does help fix the future”. Ia mengetahui memaafkan akan mencegah dendam, iri, dengki dan segala penyakit hati. Ia mafhum, memaafkan akan membuka pinta kerendahan hati dan keikhlasan.
  4. INGAT DAN BERTOBAT KEPADA ALLAH ketika berbuat keji nan dosa. Seorang mukmin sejati akan terus melakukan refleksi dan bermuhasabah akan kehidupan yang telak dilakoninya. Ia segera bertobat dengan sebenarnya atas khilafnya.
  5. TAK MENERUSKAN PERBUATAN KEJINYA. Seorang mukmin tak mempermainkan tobatnya. Ia memilki target-target yang harus dicapai untuk memperbaiki salahnya. Ia berikhtiar keras dan bermujahadah untuk terus memperbaiki dirinya.

Inilah 5 kebiasaan bagi setiap mukmin untuk menuju taqwa. Dalam bahasa Inggris, kebiasaan adalah ‘habit’. Dalam bahasa latin ‘habitus’ bermakna pakaian. Jika dibiasakan, 5 perkara ini akan menjadi pakaian bagi setiap insan beriman. Dan pakaian yang terindah adalah taqwa!