MILIKI PERSPEKTIF BAHWA HIDUP ADALAH UJIAN

Suatu saat, Malaikat Jibril pernah bertanya kepada Rasulullah: “Katakanlah kepadaku tentang Ihsan kepada Allah yang menciptakan manusia untuk mengujinya”. Pertanyaan Malaikat ini mengajarkan tentang essensi kehidupan kita: hakekat penciptaaan dan kehidupan ini adalah ujian.

Bagaimana menyusun strategi agar sukses dalam ujian kehidupan? Rasulullah memberikan “best practicenya” ketika menjawab pertanyaan malaikat: “Ihsan adalah kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatNya. Dan jika kamu belum melihatNya, maka yakinlah bahwa Dia Maha Melihatmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Apakah lesson learnt dari jawaban Rasulullah kepada Malaikat?

Pertama, miliki perspektif bahwa semua aktifitas hidup dan ibadah ini adalah ujian: shalat, puasa, berumahtangga, mendidik anak, dakwah, menuntut ilmu, bekerja. Pengawas ujian adalah Allah. Allah telah menetapkan tata tertib ujian melalui kitab suci dan RasulNya. Semangat untuk mencapai kualitas dalam ujian akan semakin meningkat kita mampu memvisualisasikan bahwa didepan kita berdiri Allah, Sang Penguji. Inilah yang oleh Rasulullah di sebut sebagai hakekat Ihsan.

Kedua, karena pengawasnya ujian adalah Allah tentu kita tidak boleh mengerjakan ujian dengan seenaknya. Kita tentu mengejar KUALITAS hasil ujian. Kita juga MENGHINDARKAN DIRI DARI BERMAIN CURANG. Dengan demikian, spirit ihsan adalah pemantik KUALITAS dalam segala aktifitas ibadah. Pada saat yang sama, perasaan selalu diawasi oleh Allah akan melejitkan KEWASPADAAN DAN KEHATI-HATIAN kita dalam bertindak, mencegah kita untuk melanggar ketentuan-ketentuanNya.

So pasti, memiliki perspektif bahwa hidup adalah ujian adalah sebuah prinsip terbaik. Prinsip ini akan melejitkan ETOS IHSAN. Etos ihsan akan mendorong kita untuk BERKOMPETISI POSITIF dalam BERLOMBA-LOMBA MENGERJAKAN KEBAIKAN. Spirit bahwa kita selalu diawasi oleh Sang Maha Pengawas akan mendorong kita untuk MELEJITKAN KUALITAS dari segala aktifitas hidup dan ibadah yang kita lakukan sekaligus bertindak diatas aturanNya.