UMY Buka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Satria Nugraha – Okezone

Senin, 31 Mei 2010 – 15:53 wib

Image: corbis.com

YOGYAKARTA – Penggunaan dan pembelajaran Bahasa Inggris mutlak dipelajari seseorang dalam merespons dan menghadapi tantangan pada abad ke-21 ini. Menyikapi tuntutan global tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hari ini secara resmi melaunching program studi (prodi) pendidikan Bahasa Inggris.

Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY Endro Dwi Hatmanto, S.Pd, MA menyatakan, Prodi Bahasa Inggris hadir karena kebutuhan guru bahasa Inggris yang kompeten di Indonesia masih tinggi.

“Di samping itu, hasil survai yang dilakukan Prodi Bahasa Inggris UMY menunjukkan, animo masyarakat terhadap prodi pendidikan bahasa Inggris sangat tinggi,” kata Endro dalam Seminar dan Launching Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di kampus UMY, Senin (31/5/2010).

Endro menjelaskan, kompetensi utama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY adalah menjadikan lulusannya siap bersaing di pasar kerja. Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY diharapkan, memiliki kefasihan berbahasa Inggris, keahlian melaksanakan pendidikan dan pengajaran, kecanggihan dalam menguasai teknologi pembelajaran, serta kemahiran merancang dan melaksanakan penelitian maupun mengintrepretasikan data secara profesional.

“Kami berharap dapat menciptakan lulusan yang berkompeten dan profesional dalam bersaing di dunia kerja. Apalagi prospek karir dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris masih sangat cerah, baik sebagai guru, dosen, maupun sebagai entrepreneur,” ujar
Endro.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY diperkirkan bisa menampung 100 mahasiswa baru melalui tiga gelombang dengan staf pengajar didominasi lulusan S2 dan beberapa lainnya tengah menempuh program S3. Prodi baru ini merupakan satu-satunya prodi yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi sementara di kampus lain masih berdasar standar isi. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY nantinya juga akan dielaborasi dengan pendidikan agama Islam.

Sementara itu, dosen sukarelawan dari Teachers of English to Speakers of Other Languages (TESOL) untuk UMY Phil Taylor, M.Ed, mengungkapkan, pada abad 21 ini aspek informasi dan teknologi berkembang sangat pesat. Internet sebagai salah satu
produk teknologi telah menggunakan bahasa Inggris pada lebih dari satu milyar halamannya untuk memberikan informasi.

“Hal ini dikarenakan bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal, tak sekadar bagi manusia, namun juga pada internet. Bahasa ini telah memberikan kesempatan bagi manusia untuk mengakses informasi dalam internet tersebut,” ungkap Phil.

Sebagai alat komunikasi, bahasa Inggris telah digunakan oleh sekira 400 juta orang dari negara yang berbahasa Inggris dan 600 juta hingga satu miliar orang dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. Phil menambahkan, beragam makalah penelitian, buku, majalah, dan koran dari seluruh dunia juga menggunakan bahasa Inggris.

“Sekira 95 persen dari penelitian ilmiah yang dipublikasikan telah menggunakan bahasa Inggris, dan hanya 50 persen dari penulis tersebut berasal dari negara berbahasa Inggris,” papar Phil.
(rhs)

Sumber: Okezone.com